Analisis kelayakan usaha cuci mobil pada UD. SAMA JAYA MOTOR Singaraja

ANALISIS KELAYAKAN USAHA CUCI MOBIL PADA UD. SAMA JAYA MOTOR SINGARAJA
Kadek Citra Darmayanti, Ni ketut Adi Mekarsari, Made Madiarsa
Fakultas Ekonomi Universitas Panji Sakti Singaraja

ABSTRAK

Usaha cuci mobil merupakan salah satu usaha yang dapat dikembangkan dengan baik karena pertumbuhan dari kerndaraan yang semakin meningkat, namun hal tersebut menyebabkan banyak pesaing baru yang bermunculan dan persaingan akan menjadi semakin ketat. Maka dari itu aspek yang perlu dikaji untuk menganalisis kelayakan usaha seperti ini biasanya lebih menekankan pada aspek keuangan.

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui kelayakan usaha cuci mobil pada UD.Sama Jaya Motor Singaraja. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, data dianalisis secara discounted dan undiscounted.

Untuk kepentingan pengendalian usaha oleh pemilik UD. Sama Jaya Motor Singaraja diperlukan adanya hasil analisis kelayakan usaha, hasil analisis tersebut merupakan gambaran terhadap efisiensi dan kinerja keuangan sehingga dapat dilakukan langkah-langkah pembenahan.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil analisis kelayakan usaha di peroleh Payback Period (PP) selama 4 tahun, 2 bulan 18 hari, Break Event Point (BEP) pada tahun 2014 sebanyak 3.315 unit dan Rp 111.574.110, Net Present Value (NPV) sebesar Rp 7.703.337 (bernilai positif), Internal Rate of Return (IRR) sebesar 12,820 % dan Benefit Cost Ratio (B/C) / Profitabilitas Index (PI) sebesar 1,024.

Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa 5 (lima) criteria investasi menunjukan hasil yang layak, maka usaha cuci mobil pada UD. Sama Jaya Motor Singaraja dapat di lanjutkan dan dikembangkan.

Download Jurnal || 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *