Jumat, April 12, 2024
Nama Dosen

Beberapa faktor yang memengaruhi semangat kerja pegawai farmasi rumah sakit umum Kabupaten Buleleng

BEBERAPA FAKTOR YANG MEMENGARUHI SEMANGAT KERJA PEGAWAI FARMASI RUMAH SAKIT UMUM KABUPATEN BULELENG
Ketut Gunawan, I Nyoman Suandana, Kadek Dwi Jantriani

Pelayanan yang baik dan memuaskan terhadap pasien membutuhkan pegawai yang memiliki semangat kerja yang tinggi. Semangat kerja ini dipengaruhi antara lain oleh Kepemimpinan, Kompensasi dan Lingkungan Kerja. Berdasarkan urain di atas, sangat menarik untuk diteliti mengenai “Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Semangat Kerja Pegawai Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buleleng”.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh kepemimpinan, kompensasi dan lingkungan kerja terhadap semangat kerja pegawai Farmasi RSUD Kabupaten Buleleng secara parsial maupun simultan. Data penelitian diperoleh melalui pengisian kuisioner yang disebarkan kepada seluruh responden.

Data dianalisis secara kuantitatif yaitu analisis regresi berganda, determinasi, uji F dan uji T dengan menggunakan bantuan program komputer Statiscal Package Social Science (SPSS) Version 16.00 for windows.Model Regrisi linier yang diperoleh yaitu Y = 1.357 + 0,126X1 + 0,138X2+ 0,160 X3 dengan nilai koefisien deteminasi 76,7%.

Hal ini berarti terdapat pengaruh yang positif atau searah antara variabel kepemimpinan, kompensasi dan lingkungan kerja terhadap semangat kerja. Variabel semangat kerja karyawan dapat diterangkan oleh variabel Kepemimpinan, Kompensasi dan Lingkungan Kerja sebesar 76,7%, sedangkan sisanya 23,3% di terangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini.

Berdasarkan uji t dan uji F diperoleh hasil bahwa variabel kepemimpinan, kompensasi dan lingkungan kerja berpengaruh secara signifikan terhadap semangat kerja pegawai baik secara parsial maupun simultan.

Dengan meningkatnya semangat kerja pegawai, harapanya akan terjadi peningkatan kinerja pegawai, sehingga kualitas pelayanan meningkat, dan memberikan kepuasan terhadap pasien.

Download Jurnal || 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *